Advertisement

Thursday, February 16, 2012

Jangan Pernah Menekan F1 Ketika Browsing


Jangan Pernah Menekan F1 Ketika Browsing


Berbagi Info - Saran ini hanya berlaku untuk pengguna Internet Explorer yang memang menggunakan tombol F1 untuk menu help-nya. Berikut artikel yang dapat tentang resiko menekan F1 ketika browsing menggunakan IE.

Microsoft menemukan sebuah kelemahan pada piranti lunaknya. Demi mencegah kelemahan tersebut maka celah ini dimanfaatkan, raksasa asal Redmond itu pun menganjurkan penggunanya untuk tidak menekan F1 saat melakukan browsing situs internet.

Seperti dikutip dari Microsoft Security Advisory, sebuah kelemahan telah ditemukan pada VBScript. Tepatnya, kelemahan ini akan berpengaruh pada komputer yang menjalankan Windows XP dan browser Internet Explorer (IE).

Kelemahan ini bisa dieksploitasi ketika pengguna menekan tombol F1. Tombol itu biasanya digunakan untuk memanggil fungsi bantuan (Help Menu) pada aplikasi Windows

“Jika sebuah situs jahat menampilkan Dialog Box yang dibuat khusus dan pengguna menekan F1, sebuah kode jahat bisa dijalankan di komputer pengguna sesuai dengan otoritas pengguna tersebut,” demikian peringatan dari Microsoft.

Nah, beberapa cara ditawarkan Microsoft untuk mencegah kelemahan ini menyerang komputer:
  • Jangan menekan F1 saat diminta oleh situs tertentu
  • Matikan akses ke Windows Help
  • Ubah aturan pengamanan IE menjadi ‘High’ untuk memblokir ActiveX
  • Atur IE agar memberi peringatan saat hendak menjalankan ActiveX
Jangan Pernah Menekan F1 Ketika Browsing
Sumber: Berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

Last Updated

Recent Posts Widget
Advertisement